Sabtu, 15 Oktober 2011

Materi 1 : Sich Vorstellen/ Memperkenalkan Diri Sendiri


Ich heiße Achmad, atau
Ich bin Achmad, atau
Mein Name ist Achmad


Ich komme aus Palangka Raya
Ich wohne in Puruk Cahu
Ich bin 28 Jahre Alt
Ich bin Lehrer

Kosa kata :
Ich                   : saya
Heißen*           : nama
Ich heiße         : saya bernama
Bin                  : adalah
Kommen*       : datang
Aus                  : dari
Ich komme aus : saya berasal dari
Wohnen*         : tinggal
In                     : di
Ich wohne in   : saya tinggal di
*Dalam bahasa Jerman, kata kerja berubah berdasarkan kata ganti orang. Perubahan kata kerja akan kita bahasa pada materi berkiutnya.

Ich bin …… Jahre alt : saya berumur…..tahun
Lehrer              : guru ( laki-laki )
Lehrerin           : guru ( perempuan )
Ich bin Lehrer : saya adalah seorang guru
Schüler            : pelajar ( laki-laki )
Schülerin         : pelajar ( perempuan )

Übung 1 ( latihan 1 )

Perkenalkan dirimu berdasarkan contoh diatas.
Halo, ich heiße……
Ich komme aus….
Ich wohne in…..
Ich bin….Jahre alt
Ich bin……

Übung 2
Was fehlt ? sempurnakanlah !
1)      Ich…..Maria
2)      Ich…..Yanto
3)      Ich …….aus Muara Untu
4)      Ich …….in Sungai Lunuk
5)      Ich …….16 Jahre Alt
6)      Ich …….Schülerin

Pilihan Jawaban
Bin
Heiße
wohne
bin
bin
komme


0 komentar:

Posting Komentar